Berbagai Masakan Daging Kambing dan Domba dari Dalam dan Luar Negeri

 


Selain daging sapi dan ayam, daging kambing juga termasuk ke dalam kategori bahan makanan halal bagi umat Islam. Oleh karenanya masakan berbahan daging yang satu ini mudah kita jumpai baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sebut saja misalnya ada makanan khas jogja yang bernama sate klathak yang menggunakan bahan utama daging ini dalam pembuatan masakannya.

Umumnya sifat daging kambing yang mengenyangkan menjadikan masakan berbahan daging ini cocok untuk diolah sebagai hidangan utama dengan berbagai resep. Baik disajikan sebagai hidangan kontinental maupun hidangan oriental.

Kambing dan Domba itu Berbeda

Mungkin tidak semua orang paham jika domba dan kambing itu merupakan binatang yang berbeda. Mulai dari kromosomnya. Lalu kambing dan domba itu tidak bisa dikawinkan karena memang berbeda. Namun karena memiliki banyak persamaan seperti postur badan serta karakter dagingnya serta cara memasaknya. Namun keduanya termasuk ke dalam bahan masakan yang halal. Di sini kami akan menyajikan info masakan baik domba atau kambing tanpa terlalu membedakannya karena kesamaan cara memasaknya.

Daging Domba Muda ( Lamb )

Daging ini dihasilkan dari domba yang berusia di bawah 12 bulan.

Daging Domba Usia Sedang ( hogget )

Daging yang sudah lebih tua namun juga belum terlalu tua. Jadi berusia tengah-tengah. Berkisar usia 12-24 bulan.

Daging Domba yang Agak Tua ( Mutton )

Daging yang dihasilkan dari domba yang berusia lebih dari 24 bulan

Masakan Daging Kambing dari Indonesia



Di Indonesia mudah sekali ditemukan rumah makan yang menjajakan daging kambing sebagai hidangannya. Sebut saja misalnya Gulai, Sate dan Tongseng Kambing. Gulai juga tidak hanya satu jenis misalnya gulai padang dan dan gulai jeroan. Kemudian sate kambing juga tidak hanya satu jenis tapi dari cara membakarnya pun lain ada yang dengan kayu atau bambu sebagai tusukan satenya dan ada pula yang menjadikan bahan logam anti karat sebagai tusukannya sebut saja misalnya sete khas masakan jogja sate klathak. Atau bahkan berupa sop kaki kambing khas betawi yang menggunakan santan dan minyak samin sebagai penambah nikmat kuah kentalnya. Ada juga tengkleng yang berupa daging kambing yang tinggal tulang belulang berbalut lapisan daging tipis dengan ditambah kuah memiliki rasa yang khas karena tekstur yang berbeda yang terdapat pada daging yang menempel pada tulang. Ada juga gecok kambing yang dibuat berbahan kaki kambing atau biasa dikenal kikil atau dari kepala kambing. Masakan ini berasal dari Jawa. Dan kalau semarang ada yang namanya opor kambing, meski opor terkenal dengan bahan ayamnya namun di Semarang justru terkenal karena menggunakan bahan daging kambing. Kemudian kalau dari Jepada ada masakan yang namanya Kagape Kambing. Ada juga kambing guling yang identik dengan pesta. Kami juga memasukkan masakan ini ke daftar menu catering kami. Bagaimana ? Banyak Kan ? 

Masakan Daging Kambing dari Berbagai Negara

Masakan kambing tak hanya populer di Indonesia saja namun di banyak negara juga menjadi santapan yang marak peminat.



1. Rogan Josh - Kashmir

Sebetulnya ini masuk masakan India namun daerah Kashmir diperebutkan oleh Pakistan dan India. Tapi biarlah itu urusan politik. Kita fokus saja ke urusan perut dulu. Hidangan sejenis kari yang berasal dari kashmir ini dibuat dari bahan utama  daging kambing atau domba namun pemilihan daging bukan menggunakan daging kambing muda namun yang telah berumur. Memiliki aroma yang khas. Nikmat ketika disantap ketika masih panas. Adanya resep masakan ini konon katanya karena pengaruh dari budaya kuliner Persia. Makanan ini  masuk golongan hidangan utama.

Beberapa bumbu penopang dari masakan ini diantaranya adalah rempah yang terdiri dari kapulaga, cengkeh, kayu manis dan salam, kemudian ada juga jahe, bawang putih namun ada juga lho yang menambahkannya dengan yoghurt.

Warna kuah sedemikian rupa ini hasil bentukan dari bumbu yang terbuat dari bunga alkanet dan juga cabai kashmir. Cabai ini memiliki kemiripan rasa dengan paprika. 

Nah kamu bisa menjadikan pilihan menu di rumah kalau kamu tertarik.



2. Laal Maans-India

Masakan yang satu ini tidak bisa diganti dengan bahan daging lain, harus daging kambing, kenapa ? Karena Laal maans sendiri jika diartikan ke bahasa kita adalah daging kambing merah. Jadi hanya bahan daging kambing saja yang bisa dimasak dan menyandang masakan Laal maans.

Masakan ini berasal dari Negara India tepatnya dari daerah Rajasthan.

Sama seperti Rogan Josh masakan ini juga tergolong jenis masakan kari. Banyak menggunakan bawang putih, diberi yoghurr dan juga rempah salag satunya cabai merah Mathania. Masalah kuah bisa sesuai selera, boleh dibuat kental atau kuah yang tidak begitu kental. 



Biasanya cara menikmati masakan ini tidak dengan nasi namun dibarengi dengan Chapati yang dibikin dari gandum atau bisa juga bajra. Namun kalau mau dimakan pakai nasi juga boleh tuh dicoba siapa tahu tetap enak.



3. Kuurdak - Asia Tengah

Kuurdak berasal dari Asia bagian tengah dan populer di beberapa negara diantaranya kirgistan, Kazakhztan, Turkmenistan dan juga Uzbekistan.

Di Kirgistan resep masakan ini adalah termasuk yang paling tua. Kalau di Kirgistan kurdak biasanya dibuat dari hati, jantung, ginjal domba. Namun meski terkenal dengan daging kambing atau domba namun sebenarnya bisa juga dibuat dari daging sapi atau bahkan kuda. 




4. Haneed - Yaman

Selanjutnya kita lanjut ke Yaman. Sebetulnya nama aslinya الحنيذ namun mungkin karena orang barat sulid mengejanya jadi dinamai Haneed. 

Memang sudah mengagetkan kalau Timur Tengah memiliki khasanah resep yang variatif soal masakan berbahan daging kambing. Karena memang daging kambing  menjadi salah satu daging yang difavoritkan di Timur Tengah.

Hidangan ini tidak cuma populer di Yaman namun juga Ethiophia, Arab Saudi, Oman, hingga Somalia.

Hidangan ini seru lho guys karena biasanya disantap disajikan dengan satu wadah besar dan dimakan bersama-sama. 

Cocok juga lho untuk di Indonesia pas ngumpul atau sehabis Idul Adha pas dapat daging Kambing.

 

Daftar Harga NS Catering Jogja