Cake Brownies dan Berbagai Jenisnya

 

Brownies - Mendengar kata brownies kita langsung teringat dengan cake cokelat kehitaman yang lezat dan menggugah selera. Di balik itu tersimpan beberapa pertanyaan antara lain mengenai jenis brownies dan karakter yang ada di dalamnya, cara membuat brownies yang teksturnya seperti bolu, yang empuk atau yang kenyal? Bagaimana kalau jenis cokelat yang dipakai berbeda, atau apa ada cara yang terbaik agar brownies yang kita pindahkan dari loyang bentuknya tetap rapi. Berikut ini kumpulan tentang tips-tips dan rahasia membuat brownies menjadi sukses. Resep brownies yang klasik hanya terdiri dari bahan baku berupa mentega, gula, cokelat, telur dan tepung.

Tipe-tipe brownies :

1. Fudge brownies

diklaim sebagai jenis brownies asli dengan komposisi tepung yang sangat sedikit dan tidak menggunakan baking powder sebagai bahan pengembangnya. Menteganya tidak dikocok bersama gula, tetapi dilelehkan bersama cokelat blok. Cokelat yang dipakai adalah cokelat pahit ( unsweetened chocolate ) dan ditambah sedikit gula sebagai penyeimbang rasa. Selain gula pasir, biasanya ditambahkan gula palem agar menghasilkan brownies yang lebih kaya rasa.

2. Cakelike brownies

brownies yang teksturnya seperti kue bolu biasa karena menggunakan bahan dengan komposisi mentega lebih sedikit dari tepung dan menggunakan baking powder agar teksturnya lebih lembut dan ringan. Menteganya tidak dilelehkan tetapi dikocok bersama dengan gula, sehingga akan menghasilkan brownies yang lebih mengembang.

3. Chewy brownies

brownies dengan tekstur yang sangat lunak. Didapat dari dua faktor utama, yaitu jumlah telur dua kali lipat dari brownies yang biasa dan kombinasi cokelat yang manis (bittersweet chocolate). Sehingga menghasilkan adonan yang lebih creamy.

KANDUNGAN LEMAK

Brownies bukan makanan rendah lemak. Jadi berhati-hatilah bagi anda yang berbadan gemuk tetapi menyukai jenis cake ini karena komposisi bahannya mengandung banyaklemak. Selain dari mentega, lemak juga berasal dari cocoa butter, yakni mentega yang terdapat pada cokelat.

Bagi kamu yang sedang diet, siasati dengan mengganti setiap 250 gram cokelat blok dengan tiga sendok makan cokelat bubuk(tentu saja yang kualitasnya bagus, sepertidutch cocoa). Tambahkan satu sendok makan mentega, maka akan menghasilkan brownies yang rasanya hampir sama tapi kandungan lemaknya berkurang. Sebab, cokelat bubuk memiliki kadar lemak 10%, sedangkan cokelat blok kandungan lemaknya 50-55%.

CARA MEMOTONG DAN MENYIMPAN

Brownies akan lebih mudah dipotong bila disimpan terlebih dulu di lemari pendingin. Rendam sebentar pisau di dalam air panas, keringkan, dan mulai memotong agar menghasilkan potongan yang rapi pada pinggirannya. Setelah itu, tutup rapat brownies dengan alumunium foil atau tempatkan di container kedap udara. Brownies akan tahan selama 3-4 hari di suhu ruangan dan tahan sampai 5 hari bila ditempatkan di lemari es.Selain itu, rasa dari brownies tidak akanterkontaminasi dengan bahan lainnya yangberada di lemari es. Semoga bermanfaat.

 

Daftar Harga NS Catering Jogja