Khorovats Menu Pesta Barbekyu Daging Ala Negara Armenia

 


Bakar-bakar atau istilah kerennya barbekyu sambil ngobrol bersama teman dan keluarga memang terasa mengasyikkan sekali. Hal itu tentu disenangi oleh orang dari negara manapun. Salah satunya adalah armenia. 

Biasanya daging yang diolah adalah daging sapi, daging kambing, daging ayam atau bahkan ikan pun bisa. Sedikit teringat saya dengan sate klathak yang sama-sama menggunakan logam sehingga bagian dalam dari daging pun relatif bisa lebih matang dan empuk.

Biasanya hidangan khorovats ini dihadirkan ketika ada hari besar tertentu. 

Khorovats termasuk ke dalam main course atau menu utama bukan hidangan pembuka atau penutup

Tidak hanya daging saja namun juga ada sayurannya juga dalam hidangan ini. Semisal kacang hijau atau bahkan asparagus. Selain untuk mempercantik juga untuk memenuhi gizi.



Bahkan saking populernya bebakaran semacam khorovats ini sampai ada di salah satu jalan di daerah yerevan yang menjadi ibu kota armenia saat ini saking banyaknya restoran yang menyuguhkan menu ini para wisatawan menjulukinya sebagai jalan barbekyu.

Salah satu barbekyu Armenia yang cukup terkenal adalah Gharsi khorovats, diberi nama sesuai kota Kars,  di mana daging yang dimasak, kemudian disajikan dengan roti pipih lavash. Tidak hanya itu namun masih ditambah dengam lauk pauk yang khas seperti bawang, keju, sayuran panggang, roti pipih, salad tomat, mentimun, dan juga acar cabai hijau.

Tapi keunikan dari Khorovats ini selain dagingnya yang dibakar juga sayurannya pun ikut dibakar. Namun dengan ukuran yang pas sehingga tetap enak. Jadi bukan lagi sayuran mentah. 

Ada yang membuat khorovats ini dengan minim bumbu agar lebih terasa original dagingnya namun ada juga yang memberikan bumbu hingga dimarinasi selama satu malam bisa dicampur dengan bawang merah, bawang putih, daun parsley dipotong kecil-kecil bahan tersebut kemudian ditambah dengan merica dan jintan, ditambah dengan pasta tomat, kemudian ditambah minyak sayur, kemudian ditambah jus merah delima ( pomgranate juice ). Atur sesuai selera dan banyaknya daging. Kemudian potong paprika dan campur dengan daging dan bumbu-bumbu tadi kemudian baru dimarinasi. Tunggu hingga 1 malam. Kemudian setelah semua siap baru ambil danging kemudian dibakar. Kemudian masakan siap dihidangkan. 


 

Daftar Harga NS Catering Jogja