Sejarah Ice Cream, Cara Pembuatan dan Macam-macam Gambarnya




Ice cream, adalah makanan yang menggugah selera dan digemari semua kalangan.

Selain banyak variasi rasa, makanan ini juga tidak membuat perut kenyang. Oleh karenanya sering dijadikan makanan penutup atau dessert. Menurut pengalaman kami menjalankan usaha catering di Jogja ice cream merupakan salah satu menu favorit yang digemari baik tua atau muda terutama pada acara pernikahan setiap selesai makan berat banyak tamu mengambil ice cream sebagai hidangan terakhir.

Sejarah Ice Cream

Sejarah awal ditemukannya lce Cream tidak diketahui secara pasti. Kabar yang menyebutkan tentang penemuan ice cream adalah pada 200 tahun sebelum Masehi di Cina hanyalah mitos karena tidak diperkuat bukti-bukti nyata.

Konon, Orang Cina membuat Ice Cream dengan cara memasukkan adonan Ice Cream kedalam campuran es dañ garam lalu bereaksibersama sehingga adonan akan menjadi dingin. Cara ini dipelajari oleh Marcopolo, pelayar asal Italia. Ketika kembali ke negaranya, dia mengembangkan metode dan resep ini.

Kaisar Romawi yang bernama Nero mengatakan bahwa dia memerintahkan budaknya agar membawa salju dari gunung untuk mendinginkan minuman dan buah favoritnya. Kedua cerita inilah yang menjadi cikal bakal penemuan sherbet yang merupakan frozen dessert yang mirip dengan Ice Cream.

Ice Cream juga berkembang pesat di Inggris. Pada abad ke-14, Pangeran Henry V menyajikan Cremefrez ( hidangan penutup yang beku ) untuk tamu-tamunya. “Cream Ice" disajikan di mejamakan Charles I secara rutin oleh juru masaknya yang berasal dari Prancis atau Italia (sampai saat ini tidak diketahui dengan pasti asalnya dari negara mana) pada abad ke 17.

Prancis juga memperkenalkan jenis dessert yang beku pada tahu 1553 oleh Catherine de Medici istri dari Pangeran Henry II yang berkebangsaan Italia. Tetapi sayang, tidak ada bukti-bukti yang cukup mendukung seluruh cerita di atas.

Akhirnya ice cream dikenalkan pada masyarakat pada tahun 1660. Procopio dari Sisilia memperkenalkan resep campuran susu, cream,butter, dan telur di Cafe Procope, Cafe pertama di Paris.

Kemudian sejarah mencatat bahwa pada abad ke-18, Mary Eales dari Inggris menerbitkan buku masakan yang memuat tentang ice cream dengan berbagai rasa seperti apricot, caramel, kelopak mawar, dan bunga lembayung. Di dalam bukunya tidak disebutkan bagaimana cara membuat ice cream dengan tekstur yang halus tetapi kasar dan ada kristalnya.



Masih mengenai sejarah awal ditemukannya ice cream, beberapa resep ice cream bermunculan di Prancis pada tahun 1700 di dalam buku yang berjudul “L'Art de Faire I des Glaces". Kemudian di Amerika Serikat, catatan resmi tentang ice cream diketahui berasal dari surat yang ditulis pada tahun 1744 oleh tamu dari Gubernur Maryland “William Bladen".

Iklan tentang ice cream pertama kali muncul di New York Gazette pada tanggal 12 Mei 1777 yang dibuat oleh Philip Lenzi yang mengatakan bahwa ice cream tersedia setiap hari di tempatnya. Presiden AS, Thomas Jefferson memiliki resep ice cream vanilla, tahun 1790. Begitu pula Presiden George Washington membayar hampir $200(jumlah yang cukup besar pada masa itu) untuk resep khusus tentang ice cream. Pada tahun 1812,Dolly Madison juga mendapatkan penghargaan karena memperkenalkan strawberry ice cream pada saat pelantikan suaminya James Madison sebagai presiden Amerika Serikat.

Sementara itu pada tahun 1847,Nancy Johnson pertama kali menemukan mesin ice cream yang dibuat dengan tangan. Tetapi dia justru menjual hak paten mesin ice creamnya kepada William Young dengan hanya sebesar $200. Dan akhirnya William memberikan nama “Johnson Patent Ice-Cream Freezer".

Pada tahun 1851 Jacob Fussell dari Baltimore membuat industri ice cream. Awalnya, Jacob hanya ingin memuaskan pelanggan tetapnya, dan dia dapat melakukannya dengan cara merubah susu menjadi ice cream dimana harganya bisa mencapai dua kali lipat. Untuk mengenang jasanya, pemerintah memberikan penghargaan kepadanya dan Baltimore dikenal sebagai tempat kelahiran industri ice cream. Yang kemudian diikuti dengan penemuan Ice Cream Soda pada tahun 1874 oleh Robert Green.

Seperti industri-industri Amerika yang lain. Produksi ice cream meningkat karena inovasi teknologi seperti steam power, iemari es, mesin homogenized, mesin packing dan proses pembekuan terbaru. Dengan ditemukannya teknologi-teknologi terbaru tentang ice cream maka ice cream dapat diproduksi secara besar-besaran di Amerika. Dan setelah itu ditemukan juga lemaries pada tahun 1930 oleh Clarence Vogt dari Kentucky sehingga ice cream berkembang semakin pesat.

Setelah itu bermunculan toko-toko yang menjual ice cream dengan rasa dan jenis yang berbeda-beda. Howard Johnson's restoran mengiklankan 28 jenis ice creamnya, kemudian Baskin-Robbins membuat 31 varian ice cream dan segera berkembang dan saat ini telah menjadi1000 varian ice cream.

Satu penemuan penting pada abad 20 adalah dikembangkannya mesin yang menghasilkan ice cream yang sangat lembut. Tim dari Inggris ini menemukan teknologi membuat ice cream dengan cara menggandakan kandungan udara dalam ice cream. Dengan mesin ini, industri bisa mengurangi penggunaan bahan seperti telur dan hasilnya lebih lembut. Teksturnya sangat ringan serta kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi sehingga disukai oleh banyak orang.

Setelah itu dari tahun ke tahun industri ice cream semakin berkembang di seluruh belahan dunia. Masing-masing negara mengembangkan Ice cream dengan rasa yang khas yang bisa mewakili negara tersebut. Seperti di Jepang, ada Green tea ice cream, ogura ice cream, dan mochiice cream. Kemudian ada juga Italian ice cream yaitu gelato, mirip dengan ice cream tetapi terbuat hanya dari susu, telur, gula dan perasa makanan.

Sampai sekarang pun ice cream masih dinikmati semua orang di seluruh belahan dunia. Teknologi, rasa, dan penyajiannya tentu saja selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seperti adanya penambahan chocolate chips, kacang-kacangan, buah-buahan, dan permen. Tetapi untuk rasa yangsampai saat ini masih tetap populer dan tersedia dimana-mana adalah rasa vanilla, coklat, dan strawberry.

Jenis dan Istilah dalam Ice Cream

Pada edisi lalu saya telah memberikan beberapa pengetahuan yang berhubungan dengan dunia dessert atau makanan penutup, untuk edisi kali ini saya akan memberikan beberapa tambahan istilah yang berkaitan dengan ice cream. Semoga semakin menambah kosakata anda dan semoga bermanfaat.Beberapa istilah yang berkaitan dengan es krim adalah:

Banana Split

Banana Split


Dessert yang dibuat dengan cara membelah pisang secara memanjang lalu diletakan dimangkok yang panjang, lalu atasnya diberi 3 scoop es krim, yaitu vanila, strawberry dan coklat. Lalu tuangdengan saus coklat atau karamel dan hias dengan whipped cream dan cherry.

Baked Alaska

Es Krim Baked Alaska

 Dessert yang terdiri dari layer sponge cake dan es krim. Ditutup dengan meringue (campuran gula dan putih telur yang dikocok) lalu dibakar menggunakan fire gun sampai seluruh permukaannya kuat sehingga bisa melindungi es krim tidak mudah meleleh.

Bombe Glacee

Frozen dessert yang terdiri dari lapisan bermacam-macam es krim atau sherbet yang dimasukkan ke dalam cetakan bulat, lalu tengahnya dilubangi dan diisi dengan custard atau buah. Cara penyajiannya: keluarkan bombee dari cetakan dan hias dengan saus.

Frozen Yoghurt

Frozen dessert yang terbuat dari yoghurt, gelatine, perasa makanan dan pewarna. Cara pembuatanya sama dengan es krim tetapi frozen yoghurt biasanya low fat atau bahkan fat free sebagai alternatif bagi pecinta es krim yang sedang diet.

Gelato

Es Krim Gelato

Frozen dessert yang sangat mirip dengan es krim. Berasal dari Italia dan terbuat dari susu / susu kedelai, gula dan perasa makanan seperticoklat atau buah-buahan. Yang membedakan antara es krim dan gelato yaitu gelato tidak menggunakan whipped cream pada adonannya. Kata gelato berasal dari kata gelare dari Italia yang artinya beku.

Granita

Frozen dessert yang mempunyai tekstur seperti salju, sangat light dan terbuat dari simple syrup dan juice buah-buahan. Pembuatannya tidak menggunakan mesin es krim tetapi adonan dituangkan ke kontainer dan simpan di freezer. Sesekali diaduk sampai atas dan pinggirannya beku.Cara penyajiannya serut granite dan taruh di gelas yang tinggi.

Ice Cream Soda

Salah satu jenis es krim yang dibuat dengan cara mencampur es krim biasa dengan soft drink atau sirup dan soda.

Ice Cream Sundae

Es Krim Sundae

 Salah satu jenis es krim yang penyajian atasnya diberi saus / sirup seperti coklat, karamel atau strawberry dan ditambah dengan kacang Almond atau mede yang dicincang kemudian ditambah whipped cream dan cherry di atasnya.

Semifreddo

Es Krim Semifreddo

 Italian dessert yang terbuat dari komposisi telur, susu dan whipped cream yang adonannya tidak dikocok seperti Ice cream tetapi adonan langsung dituang ke cetakan lalu dibekukan.

Sorbet

Frozen dessert yang terbuat dari buah segar yang di juice ditambah dengan gula lalu kemudian dikocok dimesin es krim dan cara pembuatannya sama dengan membuat es krim tetapi bahannya berbeda.

Sherbet

Frozen dessert yang terbuat dari buah, gula dan sedikit susu. Hampir sama dengan sorbet yang membedakan adalah kandungan lemaknya yaitu 1-2 %.(Arifatun)

Cara Membuat Ice Cream yang Baik

Ice cream semakin nikmat dimakan ketika musim panas. Namun, bagaimana membuat ice cream dengan benar dan menghasilkan rasa yang lezat? berikut ini uraian tentang cara dan bahan - bahan yang dibutuhkan dalam membuat Ice cream:

Bahan yang dipergunakan

Bahan dasar ice cream adalah susu/krim, gula, telur, stabilizer, dan perasa makanan. Jenis dari susu yang digunakan diantaranya susu bubuk, susu segar, dan susu kental manis ( skm ). Untuk menghasilkan Ice cream dengan cita rasa tinggi dan tekstur yang lembut maka pergunakan whipping cream yang berkadar lemak 32-35 %.
Susu bubuk dipergunakan untuk memberikan tekstur yang lebih padat dan menjadi sumber protein. Gula sebagai bahan pemanis dapat meningkatkan cita rasa dan memberikan tekstur pada ice cream. Stabilizer membantu menyerap air yang ada dalam adonan dan mencegah pembentukan kristal pada waktu proses pengadukan ice cream. Sedangkan telur bisa mencegah ice cream agar tidak cepat meleleh dan membuat tekstur ice cream semakin lembut. Tetapi dalam pembuatan ice cream yang dipergunakan hanya kuning telur saja.
Persiapan untuk membuat adonan ice cream
Adonan ice cream harus dimasak dengan metode pasteurisasi. Pertama tempatkan susu, krim, dan gula dalam panci lalu panaskan. Gunakan api sedang lalu tunggu sampai mendidih kemudian angkat dari api. Setelah itu masukan sedikit adonan yang panas ke dalam kuning telur, lalu aduk sampai tercampur rata. Masukkan lagi ke dalam panci lalu panaskan sambil diaduk agar tidak gosong, masukkan stabilizer lalu aduk rata dan setelah mengental angkat lalu dinginkan.

Menyimpan Adonan Ice Cream

Dalam membuat ice cream yang terbaik adalah membiarkan adonan ice cream disimpan dalam lemari es selama satu hari satu malam. Dengan cara ini ice cream yang dihasilkan akan lebih padat, tekstur lebih bagus, dan ketika dikocok akan lebihcepat padat. Akan tetapi bila waktu tidak memungkinkan maka biarkan adonan ice cream disimpan di lemari es minimal 4 jam. Setelah itu tambahkan perasa bila perlu.

Membekukan ice cream

Setelah adonan sudah dingin masukkan adonan ke dalam mesin ice cream, pastikan mesin ice cream sudah dibersihkan sebelumnya. Lalu bekukan sesuai dengan petunjuk yang ada pada mesin ice cream. Setelah beku, keluarkan dari mesin, dan tempatkan ice cream di kontainer lalu tutup agar tidak terkontaminasi dengan bahan lain dan simpan di freezer. Apabila kita tidak memiliki mesin ice cream di rumah, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah menempatkan adonan ice cream di dalam kontainer pendek atau cake pan. Simpan di dalam freezer sampai beku di pinggirnya dan masih kental ditengahnya atau selama kurang lebih 45 menit sampai satu jam.
Setelah itu keluarkan dari freezer lalu aduk merata dengan menggunakan sendok kayu. Simpan lagi ke dalam freezer dan biarkan sampai pinggirannya beku. Ulangi tahap ini dua sampai tiga kali sampai seluruh adonannya beku. Setelah itu simpan di dalam freezer. Dengan mempergunakan cara ini hasilnya tidak selembut apabila kita menggunakan mesin. Pergunakan juga dua cara ini apabila kita akan membuat sherbet. Ternyata sangat simpel untuk membuat hidangan dingin yang lezat ini. Selamat mencoba.

 

Daftar Harga NS Catering Jogja