Makanan Tradisional Khas Negara Finlandia, Karjalanpiirakka

Karjalanpiiraka Makanan Findlandia

Makanan ini berasal dari Negara Finlandia. Termasuk jenis makanan tradisional yang khas di sana tepatnya dari daerah karelia. Oleh karenanya sering disebut juga dengan julukan pie karelia (  Karelia’s pie ) Makanan ini Termasuk ke dalam golongan pastry dan juga masuk ke dalam hidangan kontinental.

Makanan ini hampir bisa dipastikan cukup asing bagi anda yang belum pernah ke sana. Namun di Negara asalnya makanan ini sangat terkenal dan banyak dikonsumsi.

Bahkan kalau kamu pergi ke toko-toko kue yang ada di daerah perkotaan di finlandia kamu akan dengan mudah menemukan kue ini.  Maklum saja karena di sana kue ini menjadi ikon warisan budaya Karelia. Seperti halnya kalau ke Jogja identik dengan bakpia.

Sebetulnya Karjalanpiirakka tak hanya menjadi makanan orang Finlandia saja namun juga orang dari Rusia Utara dan juga Estonia karena memang lokasinya yang berdekatan. 

Salah satu ciri dari rasa makanan ini adalah gurih dan bukan manis.

Dan untuk menghasilkan Karjalanpiirakka yang original tidak boleh komposisi tepung gandum hitam nya kurang dari setengah bahan yang digunakan untuk dasarannya bukan isiannya.

1. Bahan Utama

Dalam pembuatannya bahan utama yang digunakan diantaranya :

  • Tepung gandum hitam atau bisa juga menggunakan tepung terigu biasa.
  • Beras atau bisa juga kentang silahkan dipilih salah satu.
  • Mentega

2. Isian

Isian makanan finlandia Karjalanpiirakka


Biasanya isian yang digunakan adalah barli ( barley ) termasuk keluarga padi-padian yang tinggi akan serat jadi bagus buat kesehatan. Namun barli ternyata tidak sendiri dalam menghiasi isian masih ada bubuk kama atau talkkuna atau juga dikenal sebagai tolokno. Itu adalah isian standar resep tradisional. 

Namun seiring berkembangnya jaman isian Karjalanpiirakka mengalami perkembangan jadi lebih variatif semisal kentang terus juga soba, ada juga nasi rebus dan juga millet. Soba sendiri adalah satu dari beberapa jenis mie yang berasal dari Jepang namun bukan ramen ya. 

Namun resikonya jika kamu mengubah isian dengan tidak mengikuti resep tradisionalnya seperti yang sudah disebut di awal maka tidak bisa makanan itu diberi nama dengan Karjalanpiirakka lagi. Jika isiannya dengan bahan beras maka harus disebut riisipiirakka ( nasi pasties ), sedangkan jika isiannya kentang maka nama yang seharusnya adalah perunapiirakka ( kentang pasties ), dan seterusnya. Namanya disesuaikan dengan isinya.

Hal itu dikarenakan sejak tahun 2003 Karjalanpiirakka sudah masuk ke dalam status Traditional Specialty Guaranteed (TSG) di Eropa. 

Sehingga produk makanan ini dijamin dan dilindungi Undang-Undang Uni Eropa. Namun begitu, siapa saja diperbolehkan memasak atau memproduksi Karjalanpiirakka di mana saja. Namun harus dengan resep yang standar atau mengganti namanya jika menggunakan isian lain.

Istimewanya dengan perlindungan TSG tersebut justru menunjukkan bahwa berharganya masakan ini bagi masyarakat uni eropa karena di dalamnya ada perlindungan pengetahuan tradisional ( traditional knowledge ) masyarakat eropa khususnya Finlandia. Sehingga sangat layak untuk anda coba.

Varian yang Lahir Dari Inspirasi Kue Ini

Kue ini juga pada akhirnya telah menjadi inspirasi bagi terbentuknya beberapa varian lain yang cukup banyak meski dengan nama yang berbeda. Diantaranya :

1. Kakkara

dimasak dan diproses dengan cara dipanggang dalam wajan.

2. Kalitta

pai kepiting ini punya banyak kemiripin dengan versi originalnya, perbedaannya terletak pada isiannya yang lebih melimpah.

3. Keitinpiiras

Sebetulnya kalau bentuknya lebih menyerupai crêpe.

4. Kukkopiirakoiksi

bentuknya menyerupai bulan sabit,

5. Kukkonen

Sizenya Lebih kecil dibanding originalnya dan berbentuk bulat. Isian yang biasa diginakan adalah wortel, telur rebus dan kismis.

6. Perunapiirakka

pai berbentuk bulat dengan ditumpangi isian berupa kentang. 

7. Pyörö

pai berbentuk bulat memiliki diameter sekitar 10 cm dimasak dengan adonan asam atau gandum. Pada era tahun 1930-an Pyörö adalah kue yang sangat populer serta digemari pengunjung kafe-kafe. Isian biasanya adalah kentang yang telah ditumbuk atau bisa juga semolina.

Buat yang belum tahu semolina atau gandum durum termasuk jenis gandum tetraploid. Jenis gandum ini termasuk yang paling banyak dibudidaya namun tentu saja jumlah produksinya masih di bawah gandum biasa.

8. Sipanniekka

Pie ini masih sangat mirip dengan kue versi aslinya tetapi dengan dengan ukuran yang lebih lebar. 

Di Finlandia, pie ini biasa dihidangkan ketika hari Minggu pagi dan juga saat makan siang ditemani dengan beberapa rebusan. Pie ini dibuat menggunakan jagung, kentang tumbuk dan talkunaa atau barley.

9. Sultsina

Proses pembuatannya yaitu adonan tipis disiapkan kemudian dimasukkan ke dalam oven lalu ditaruh di atas bara api. ketika sudah agak matang barulah isian dimasukkan. Kue ini biasanya memiliki isian yang mirip dengan bubur, kemudian ditutup dan kemudian diolesi dengan mentega secukupnya. 

10. Tsupukka

Cara pembuatannya mirip dengan crêpe yaitu ditutup menjadi dua kemudian diulangi sehingga menjadi berbentuk kerucut.

11. Vatruska

Bentuknya bulat kemudian pada bagian ujungnya terlipat ke bagian dalam. Untuk isiannya bisa diisi dengan telur, krim, gula, krim dan kismis.

Nah apakah setelah membaca ini anda tertarik ke Finlandia untuk mencicipi Karjalanpiirakka ? Atau sekarang justru mau membuatnya sendiri ?

 

Daftar Harga NS Catering Jogja