Mengenal Dessert Makanan Pencuci Mulut Beserta Gambarnya


Jika kita menghadiri pesta pernikahan biasanya di sana ada berbagai menu yang disuguhkan dan seringkali ada makanan yang kita pilih di akhir. Salah satunya adalah ice cream. Ya, tentu saja karena itu adalah termasuk salah satu jenis dessert. Lalu apa sih sebenarnya dessert itu ?

Pengertian Dessert

Mudahnya dessert itu adalah makanan penutup. Dikatakan penutup karena diawali biasanya dengan makanan pembuka ( appetizer ) kemudian disusul hidangan utama ( main course ) baru setelahnya disusul oleh dessert. Selain itu fungsi dari makanan penutup ini biasanya memiliki rasa manis. Meskipun sebenarnya dessert memiliki banyak varian rasa dan tampilan. Salah satu fungsinya adalah jika pada hidangan utama kita makan daging atau sejenisnya untuk menghilangkan bau daging pada mulut adalah dengan mengkonsumsi dessert ini makanya sering juga disebut dengan makanan pencuci mulut. 

Budaya kuliner dengan makanan penutup seperti ini sangat kental sebenarnya dengan khas hidangan kontinental. Karena ada beberapa negara yang tidak mengenal kebiasaan menutup makanan setelah menyantap hidangan utama. 

Contoh Makanan Dessert

Beberapa contoh makanan yang termasuk ke dalam dessert ini diantaranya biskuit, es krim, gelatin, kue kering, kue tart, pie, puding, salad buah dan lain sebagainya.



1. Cheesecake

Makanan yang berasal mulanya dari Yunani ini merupakan salah satu jenis dessert dengan rasa yang manis.  Rasa manis tersebut dihasilkan dari gula yang menjadi salah satu bahan selain tentunya telur. Bentuknya juga biasanya cantik. Di bagian atasnya terbuat dari keju lembut serta biasanya di atas dibehi hiasan buah untuk mempercantik penampilannya. Bisa kebayang kan bagaimana enaknya cheesecake ini.

2. Ice Cream

Mungkin ada yang masih bingung es krim itu makanan atau minuman. Minum es krim atau makan es krim yang betul ? Es krim ternyata adalah makanan beku. Oleh karenanya dia termasuk makanan penutup. Salah satu bahan pembuatan es krim ini adalah lemak susu. Tersedia berbagai rasa dalam ice cream ini mulai cokelat, vanilla, strawberry dan lain sebagainya. Di Indonesia makanan seperti ini cukup digemari terutama oleh anak-anak terbukti banyak perusahaan ice cream yang berdiri di Indonesia sejak lama. Karena banyak diminati maka kami juga memasukkan ice cream ke dalam daftar menu catering kami yang selalu laris diserbu tamu undangan saat melayani sajian catering.

3. Puding

Bahan baku yang biasa digunakan untuk membuat puding adalah susu, tapioka, telur, tepung jagung dan lain-lain. Terkadang di atas puding ditaruh buah untuk mempercantik. Banyak orang mengira semua puding memiliki rasa manis namun tidak sepenuhnya pendapat itu benar karena ada puding yang rasanya tidak manis.



4. Salad Buah

Salad buah ini umumnya dibuat dari potongan buah yang masih segar kemudian di bagian atasnya diberi keju parutan dengan menggunakan susu kental manis, dan ada juga yang menambahkannya dengan sirup. Buah yang sering digunakan untuk membuat dessert yang satu ini diantaranya anggur, pir, jeruk, pepaya, melon, semangka, kelengkeng, apel dan lain-lain.

5. Pie

Yang tertera di atas adalah pie buah namun sebenarnya jenis dan macamnya cukup variatif dari mulai di toppingnya cokelat, daging, ikan, susu, dan bahkan sayuran. Pembuatan pie ini menggunakan panggangan oven. Kulit pie sendiri rasanya cenderung manis, maklum saja karena gula menjadi salah satu komponennya selain kuning telur, tepung terigu, vanili bubuk dan lainnya.

6. Biskuit

Biskuit adalah produk makanan yang terbuat dari tepung yang diproses dengan cara dipanggang menggunakan oven. Mayoritas biskuit yang beredar di banyak negara adalah biskuit keras dengan permukaan rata dan tidak menggunakan ragi namun sebenarnya tidak semua nya keras. Bisa dikombinasikan dengan cokelat, vanila, gula atau yang lain untuk menambah cita rasa pada biskuit. Makanan penutup yang satu ini memang termasuk yang paling mudah didapatkan. Di warung-warung pun biasanya dijual.


 

Daftar Harga NS Catering Jogja