Masakan Main Course Menu Internasional dan Indonesia

 

Istilah main course ini sebenarnya sudah sangat umum ditemukan dalam peristilahan dalam hidangan kontinental. Terutama jika anda pergi ke restoran-restoran yang menyajikan menu masakan eropa. Anda akan menemukannya di daftar menu mereka.

Arti Dari Main Course

Main Course adalah makanan yang disajikan sebagai hidangan utama. Sebelum main course biasanya diawali dengan menikmati appetizer atau makanan pembuka kemudian bisa diakhiri dengan menikmati dessert sebagai makanan penutup. 

Berbeda dengan makanan pembuka yang tujuannya menggugah selera. Main Course bertujuan mengenyangkan.

Bahan pangan hewani yang biasa digunakan dalam pengolahan menu main course ini beraneka ragam misalnya daging seperti sapi, kambing lalu dari unggas ada ayam, bebek lalu dari menu laut ada lobster, ikan, kepiting dan sebagainya. 

Contoh Makanan Main Course Internasional Beserta Gambar

Di bawah ini kami berikan beberapa macam contoh hidangan utama dan negara asalnya untuk lebih memahami.

1. Steak

Steak adalah masakan yang menggunakan potongan daging tebal sebagai bahan utamanya. Namun ada beberapa steak yang tidak hanya dihidangkan dagingnya saja namun juga menyertakan daging yang masih ada tulangnya. 

Steak biasanya terbuat dari daging sapi dan disebut dengan beefsteak. Namun selain itu juga banyak dibuat dari daging lain semisal daging ayam, ikan, atau bahkan daging bebek misalnya seperti masakan steak dada bebek ala perancis magret de canard


2. Roast Chicken / Ayam Panggang

Menu main course selanjutnya adalah ayam panggang. Ayam panggang merupakan salah satu menu populer di dunia. Hal itu dikarenakan di hampir semua negara bisa ditemukan menu yang satu ini dengan berbagai bumbu dan cara memasak yang beraneka ragam sesuai tradisi dan resep masing-masing daerah.

3. Spaghetti

Belum kenyang kalau belum makan nasi. Ya, itulah prinsip kita soal makanan sebagai orang Indonesia. Namun siapa yang sangka kalau ternyata makanan mie yang berasal dari Italia ini masuk ke dalam jajaran hidangan utama. Selain Pizza, spaghetti ini merupakan masakan Italia yang cukup populer dan penjualannya mudah ditemukann di berbagai negara. Spaghetti sendiri dibuat dari tepung gandum. Kemudian di atasnya disajikan saus tomat, serta daging giling seperti daging sapi atau ayam, keju, dan lain-lain. Namun beberapa jenis spaghetti tertentu menggunakan saus khusus semisal saus bolognese dan saus carbonara.



4. Grilled Salmon

Hidangan utama selanjutnya datang dari jenis bahan laut yaitu ikan salmon bakar. Salmon jika diolah menghasilkan rasa yang gurih serta teksturnya lembut. Makanan yang mengandung omega 3 dan juga asam lemak ini memang cukup diminati di Eropa. Makanya tidak mengherankan hidangan dengan berbahan ikan ini sering disajikan dalam hidangan kontinental.



5. Chicken Parmesan

Masakan berbahan baku daging ayam ini juga berasal dari Italia. Sering juga disebut dengan chicken marigiana. Baru muncul di abad ke 20. Terbuat dari dada ayam yang diberi tepung roti kemudian diberi saus tomat keju mozarela, keju parmesan, atau keju provolone.

Makanan Main Course dari Indonesia Beserta Contohnya

Indonesia memiliki keragaman kuliner beserta aneka rasa yang bermacam-macam. Termasuk di dalamnya aneka hidangan utama.

1. Nasi Goreng

Di Indonesia baik hotel, restoran, rumah makan hinggan penjual keliling dengan gerobak dorongan banyak yang menjual masakan yang satu ini. Di nusantara sendiri banyak sekali aneka ragan bumbu nasi goreng. 

Nasi goreng kadang ditambahkan dengan telur sebagai tambahan lauk. Meski campuran dalam nasi goreng juga bisa ditambahkan misalnya dengan udang, suwiran ayam, potongan daun bawang, potongan wortel atau kacang polong.

Sudah tidak ada yang meragukan lagi soal rasa dari masakan yang satu ini. Namun, meski di Indonesia begitu populer namun merunut sejarahnya ternyata masakan yang satu ini awalnya dipengaruhi dari budaya masakan tionghoa. 



2. Rendang

Masakan yang berasal dari Padang Sumatera Barat yang satu ini bukan cuma terkenal di Indonesia saja namun juga di kancah internasional. Terbukti dengan dimasukkannya rendang oleh media internasional ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Di Indonesia sendiri rumah makan padang tersebar di mana-mana. Hal ini membuktikan bahwa masakan khas padang cenderung disukai oleh banyak orang dari berbagai latar belakang. 



3. Opor Ayam

Masakan yang satu ini sering disajikan ibu-ibu di rumah. Kerap kali juga hampir tidak pernah absen dalam setiap hari besar seperti Lebaran di Indonesia. Konon katanya resep masakan ini sudah ada sejak zaman kerajaan. Masakan yang berbahan utama ayam dan juga santan ini lebih enak disantap ketika masih panas.



4. Empal Gentong

Masakan yang berasal dari Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini memang sekilas mirip dengan Gule warna kuahnya. Bahan utama yang dipakai dalam pembuatannya adalah daging sapi bisa dikombinasikan dengan usus atau babat. Selain nikmat dikonsumsi bersama nasi juga enak dikonsumsi dengan lontong. Kami juga memasukkan empal gentong ke dalam daftar menu stall food catering kami sebagai salah satu pilihan.


 

Daftar Harga NS Catering Jogja