Daftar Makanan Jajanan Pasar Ala Nusantara

 

Jajan Pasar
Jajanan Pasar

Meskipun saat ini banyak bermunculan kreasi makanan modern baik dari dalam dan luar negeri di Indonesia namun hal itu tidak menyurutkan minat masyarakat terhadap makanan jajan pasar yang telah berpuluh-puluh tahun diminati dari generasi ke generasi.

Dinamakan makanan jajanan pasar adalah karena makanan ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Selain itu juga jenis makanan ini bisa dibilang mudah dibuat dikarenakan bahan-bahan yang digunakan relatif mudah didapatkan.

Jajanan pasar ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Baik dari asli resep Nusantara maupun perpaduan dari akulturasi budaya kuliner.

Sebut saja misalnya lemper, tak jarang saat ini seringkali masih kerap dijumpai di acara hajatan masyarakat. Padahal yang namanya hajatan adalah acara yang sangat penting bagi seseorang. Hal itu menunjukkan salah satu contoh kecil bahwa jajan pasar masih tetap eksis di tengah gempuran berbagai kreasi makanan yang membanjiri tanah air.

Oleh karenanya tak mengherankan juga kami selaku jasa catering memasukkan beberapa jenis jajanan pasar ke dalam menu pilihan isian pada snack box kami yang bisa dipilih konsumen.

Berikut beberapa jenis jajanan pasar yang mungkin sudah akrab di di lidah masyarakat di Indonesia.

  1. Apem
  2. Arem-Arem
  3. Awug-Awug
  4. Bakwan
  5. Bika Ambon
  6. Bingka
  7. Bolu Kukus
  8. Carabikang
  9. Cenil
  10. Combro
  11. Dadar Gulung
  12. Geplak
  13. Getuk
  14. Jadah
  15. Jalangkote / Pastel
  16. Klepon
  17. Kroket
  18. Kue Ape
  19. Kue Ku / Kue Thok
  20. Kue Lapis
  21. Kue Leker
  22. Kue Lumpur
  23. Kue Mangkok
  24. Kue Pancong
  25. Kue Pukis
  26. Kue Talam
  27. Lapis Legit
  28. Lemper
  29. Lumpia
  30. Martabak
  31. Misro
  32. Nagasari
  33. Onde-Onde
  34. Onde-Onde Ketawa
  35. Pisang Cokelat
  36. Putu Ayu
  37. Putu Mayang
  38. Risoles
  39. Semar Mendem
  40. Serabi
  41. Sosis Solo
  42. Tahu Bakso
  43. Tahu Isi
  44. Tempe Mendoan
  45. Wajik

Tips ketika anda ingin menjadikan beberapa jajanan pasar menjadi isian snack box adalah menggabungkan 2 jenis rasa. Yang pertama adalah jajanan pasar dengan rasa manis dan yang kedua adalah jajanan pasar dengan rasa gurih. Lalu bisa ditambahkan air mineral dan juga buah.

Sebetulnya masih banyak jenis makanan yang tergolong sebagai jajanan pasar. Juga yang perlu diingat bahwa terkadang ada makanan jajan pasar yang di satu daerah dengan daerah yang lain memiliki nama yang berbeda meskipun sebenarnya makanannya sama.

Demikianlah artikel mengenai daftar jajanan pasar.

 

Daftar Harga NS Catering Jogja