Mengenal Mie Soun Bahan Makanan Transparan yang Serbaguna

 

Bahan masakan mie yang satu ini memang banyak ditemukan di Indonesia. 

DI BERBAGAI negara, soun disebut dengan berbagai macam nama. Di negara Barat,soun disebut cellophane noodles, transparent noodles, bean threads noodles ataupun glass noodles. Di Cina, soun terkenal dengan istilah lu dòu miàn ataupun fin si. Fin berarti tepung dan si berarti sutera.Hal itu berhubungan dengan penampakan fisik soun yang putih lembut seperti sutera.

Soun terbuat dari pati tepung kacang hijau. Kadang-kadang dalam pembuatannya sering dicampur dengan pati kentang, pati singkong (tapioka) atau pati jagung. Kacang hijau maupun kentang sangat baik untuk dibuat soun karena kadar amilosanya yang tinggi. Soun dari Korea yang bernama dang myeon terbuat dari pati kentang.

Proses pembuatan soun menyerupai proses pembuatan bihun hanya saja bihun terbuat dari tepung beras (bukan pati beras). Pada tahap pertama, pati kacang hijau diekstrak dari biji kacang hijau. Untuk meningkatkan warna putih biasa ditambahkan sodium bisulfit. Adonan pati kacang hijau yang terbentuk dapat dicampur dengan pati kentang, kemudian dikukus selama beberapa menit sampai sekitar 20 % bagian tergelatinisasi. Pati yang tergelatinisasi bertindak sebagai pengikat sehingga soun tidak mudah putus. Agar permukaan alat tidak lengket bisa diolesi minyak. Penggunaan minyak dapat menambah kilap produk. Adonan lalu dicetak sehingga menjadi soun dengan proses ekstrusi dengan alat ekstruder. Soun yang terbentuk harus segera dikukus sampai matang kemudian didiamkan selama 2 jam, dicuci dengan air dingin, kemudian dikeringkan atau dijemur, Pengeringan dengan cara penjemuran menghasilkan soun lebih putih karena efek pemucatan oleh sinar ultra violet. Soun yang baik, jika dimasak berwarna putih, tidak lengket, mampu mempertahankan bentuknya, dan tidak banyak pati keluar ke air pemasaknya.

Nilai gizi

Dilihat dari nilai gizinya, soun merupakan sumber energi yang baik, yaitu mencapai 327 kkal per 100 gramnya. Kandungan energi tersebut hampir sama dengan bihun 364 kkal dan mie telur 381 kkal untuk setiap 100 g bahan. Soun juga merupakan sumber mineral yang baik. Konsumsi 100g soun cukup untuk memenuhi16,9 persen kebutuhan tubuh akan zat besi setiap hari. Zat besi sangat penting untuk membawa oksigen dalam darah merah keseluruh tubuh, menjaga lapisan sel dari kerusakan, dan penting bagi darah merah.

Soun juga kaya akan selenium. Dalam 150 gram soun terdapat 11 mkg selenium. Selenium mempunyai peranan penting di dalam tubuh, yaitu mengaktifkan enzim antioksidan glutathione per-oxidase. Enzim ini dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker. Selain itu, soun juga mengandung komponen-komponen gizi dalam jumlah minor, seperti kalsium, niasin, dan vitamin E.

Pemanfaatan Soun

Sebagai salah satu sumber karbohidrat, soun cukup digemari. Proses pemasakannya cukup mudah, yaitu direbus selama 5-6 menit dalam air mendidih. Biasanya soun disajikan pada soto, sop, ataupun bakso. Banyak masakan oriental menggunakan bahan ini. Sedangkan dalam kebudayaan chinese, soun biasanya disajikan dalam bentuk soun goreng pada malam tahun baru Imlek. Soun juga digunakan sebagai isi pada produk gorengan seperti risoles dan panada. 

 

Daftar Harga NS Catering Jogja