Sejarah dan Jenis Tomat sebagai Bahan Masakan dan Makanan

awal mula tomat menjadi masakan
Masyarakat kita bisa dibilang sangat gandrung akan tomat. Cuma saja orang kita lebih suka menjadikannya sebagai masakan atau penyedap masakan ketimbang sebagai buah. Terutama buah segar. Tak banyak orang Indonesia yang suka menyantap tomat segar. Kalaupun dijadikan sebagai buah, tomat umumnya muncul dalam bentuk jus. Toh, tidak berarti tomat tidak laku di negeri ini. Karena itu tadi, amat banyak masakan kita yang memakai tomat. Bahkan sambal pun selalu dibubuhi tomat. Tanpa tomat agaknya kita pasti kebingungan.

Tomat yang sekarang begitu akrab dengan kehidupan kita itu, dulu pernah dianggap sebagai racun. Tentu saja anggapan itu hidup ribuan tahun yang lalu. Karena pendapat itu begitu melekat, sampai-sampai tahun 1800-an seorang pemuda nekat melahap puluhan tomat dengan maksud bunuh diri. Tentu saja, ia tetap hidup. Karena tomat justru merupakan buah yang menyehatkan. Ingat, para dokter menganjurkan kita menyantap jus tomat setiap. hari untuk menghindari serangan kanker.

Tomat pertama kali ditemukan oleh suku Indian Aztek di Amerika Selatan dan Meksiko. Itu pun secara tidak disengaja karena tanaman cantik berwarna merah ini tumbuh di pegunungan. Mereka menyebutnya “tomatl". Dari Meksiko, tomat kemudian diperkenalkan di Eropa. Entah mengapa, di sana tomat diberi nama dengan sebutanapel.Misalnya, orang Italia menyebutnya “pomo d'oro” yang artinya golden apple. Orang Perancis menerjemahkan tomat sebagai pomme d'amour.Atau love apple. Buah yang satu ini memang tak hanya dikenal dan kerap dimanfaatkan di negeri kita saja. Buah yang bulat kecil dengan warna yang luar biasa menarik ini disukai di seluruh dunia.

Tomat termasuk buah ke-4 yang paling populer di dunia setelah kentang, bawang bombay, dan wortel.

Tomat memang enak disantap. Begitu gigitan pertama pun sebetulnya sudah bisa kita rasakan kelezatannya lewat buahnya yang renyah dan airnya yang mengalir di dalam mulut kita. Rasa buahnya memang tidak manis benar, seperti buah semangka atau jeruk. Rasa manis tomat memang kurang menonjol. Bahkan pada beberapa tomat, rasa asam sering terlalu menggigit. Itujustru sebabnya tomat sering dijadikan penyedap masakan.

Warna tomat yang merah segar jugamerupakan alasan buah ini kerap dicampurkandalam sebuah masakan. Tujuannya, menciptakanwarna yang segar hingga masakan tampil menggiurkan.Kendati masakan kita cukup bergantung pada tomat,sesungguhnya pemakaian tomat dalam masakan kita tidak sebanyak masakan Barat. Mereka amat gemar membuat masakan dengan penggunaan tomat yang melimpah. Tengok saja saus spageti atau bumbu pizza yang sarat tomat. Di sini, entah karena kepraktisan, tak tahu karena rasa tomat yang banyak dianggap kurang sedap, orang cenderung menggunakan saus tomat jika ingin memakai tomat agak banyak.

Tomat Pizza

Padahal penggunaan tomat yang banyak amat menyedapkan masakan. Buktinya, ketika spageti atau pizza diperkenalkan di Indonesia, kita langsung jatuh cinta, kan? Jadi, jangan takut menambahkan tomat sebanyak-banyaknya dalam masakan karena tomat bukan cuma bikin hidangan kita jadi luar biasa enak, tetapi juga sangat menyehatkan. 

CARA MEMILIH

Kamu mau pilih jenis tomat apa saja, pilihlah tomat dengan tampilan yang tidak lembek. Tomat yang lembek m menandakan tanda tomat sudah kurang fresh. Amati seksama juga kulitnya. kamu harus memilih tomat dengan permukaan yang licin, tidak boleh keriput. Salah satu tanda lain bahwa tomat sudah tidak fresh adalah dari kulit yang keriput. Sudah semestinya kamu benar-benar harus memilih tomat yang masih segar.

Selanjutnya pilihan kita pada kematangan tomat. Hal itu sudah semestinya diperhatikan dulu tujuan dari penggunaan tomat. Jika mau untuk jus, tomat yang matang sudah barang tentu lebih baik.  Lantas Bagaimana apabila akan diolah jadi masakan? Tentu jawabannya, sangat tergantung jenis masakannya. Jika digunakan membuat masakan dengan cita rasa asam yang khas dan cukup kuat, tomat muda lebih disarankan. Tak jarang juga kerap kita menjadikan tomat hijau sebagai pilihan. Sebaliknya untuk dibuat saus, kita harus memilih tomat yang matangagar airnya banyak.

Jenis tomat harus diperhatikan untuk jadi pilihan. Di pasaran berbagai jenis  tomat banyak ditemukan. Kadang kita tak banyak cingcong. Yang penting tomat. Betul juga, sih. Jika tomat cuma dipakai untuk bumbu, tidak perlu repot meng-explore pasar untuk mendapatkan tomat. Sebenarnya ada varian tomat yang lebih cocok digunakan membuat salad, semisalb/ lebih tepat guna membuat acar daripada dipergunakan dalam bumbu seperti semur.

Ayo kita perhatikan lagi varian tonat yang terdapat di pasar sekeliling kita.

Tomat sayur

Tentu saja ini pastinya merupakan jenis tomat yang terdapat hampir di seluruh pasar di Indonesia. Bentuknya bulat. Serta memiliki daging buah yang tipis. Tomat ini memiliki rasa yang agak asam dan tak mengherankan apabila tomat ini seringkali singgah di meja makan anda ssbagai masakan.

Tomat apel

Jika diperhatikan sekilas mungkin kamu akan teringat pada buah apel mungkin karena bentuknya yang memiliki kemiripan. Oleh karenanya dinamakan tomat apel. Cenderung memiliki daging buah yang lebih keras. Jika kamu suka dengan tomat yang segar, saya sarankan tomat apel ini bisa menjadi pilihan buat kamu. Apalagi kalau kamu rencananya ingin membuat es tomat.

Tomat gondol

Tomat ini juga kerap kamu dapati. Memiliki bentuk oval. Jika dipencet, cenderung keras. Maklumlah karena kulitnya relatif tebal. rasanya bisa dikatakan cukup renyah.

Tomat ceri

Mungkin dikarenakan memiliki size yang menyerupai buah ceri tak mengherankan bila lantas digelari dengan nama tomat ceri. Memiliki rasa asam dan ada rasa manisnya juga. Oleh karenanya tomat ini enak apabila diolah menjadi salad.

Tomat-tomat di atas hanyalah tomat yang populer dipasaran kita. Tetapi di luar negeri jenis tomat amat banyak. Berbagai bentuk serta warna yang bisa dikatakan cukup unik. Misalnya, green zebra. Warnanya kuning dengan semburat hijau di mana-mana. Ada lagi yang memiliki warna merah tua. Tomat yang berwarna cokelat tua pun ada di sana. Tak heran kalau orang Barat menyebut tomat sebagai buah yang amat fantastik dan mengagumkan.

Yang mana jenis tomat yang harus kita pilih? Lagi-lagi tergantung tujuan pakai. Kalau tujuan Anda cuma sekadar memberi rasa asam,tomat sayur sudah cukup. Tetapi jika tomat akan disantap segar, tanpa dimasak, pilih tomat yang padat atau renyah. Maksudnya disantap segar,tidak selalu harus dimakan begitu saja, lo. Karena tomat sering kali tampil dalam salad, sambal kecap, atau sambal dabu-dabu yang disantap bersama ikan bakar. Pada ketiga hidangan itu, tomat cuma diiris. Hingga kita akan merasa lebih enak kalau tomat yang digunakan adalah jenis yang renyah.

PENYIMPANAN

Sebetulnya tomat pantang disimpan dalam lemari pendingin lebihdari 4 hari. Setelah batas waktu itu, tomat akan berkurang kesegarandan kerenyahannya. Temperatur yang tepat untuk menyimpan tomatadalah 20 derajat Celcius. Tentu šaja 'di negara lain, temperatur inimungkin dicapai, tetapi tidak mungkin di negeri kita. Karena itulah tomattetap saja kita masukkan dalam lemari pendingin. Paling baik bila Andatetap membungkusnya dengan plastic wrapped agar lebih awet.

Tetapi hati-hati membeli tomat yang dibungkus dengan plastic wrapped. Jangan-jangan ada bagian yang bonyok yang disembunyikan si penjual. Jadi, kalau mungkin, belilah yang terbuka. Anda bisa memilih tomat sesuai keinginan Anda dan tentu saja bagian yang bonyok akan segera tampak.

PENGGUNAAN

Sebagai masakan, tomat bisa dimasukkan begitu saja dalam masakan setelah diiris-iris. Toh, setelah beberapa lama dimasak, tomat akan menjadi layu dengan sendirinya. Misalnya, semur, tumisan sayuran tertentu, atau asam-asam. Tetapi beberapa masakan, “menuntut" tomat harus diparut atau direbus dahulu kemudian disaring. Ada lagi masakan tertentu yang menginginkan tomat direbus lalu dikupas kulitnya. Nah, mari kita simak teknik pengerjaannya.

TOMAT DIMASUKKAN DALAM BENTUK POTONGAN

Untuk tumisan umumnya tomat cuma dipotong berdiri. Tomat dibagi beberapa bagian, tergantung pada ukuran tomat. Sekadar patokan, tumisan yang waktu memasaknya sebentar, gunakan irisan kecil agar cepat layu. Untuk masakan yang memasaknya dibutuhkan waktu yang lama, irisan agak besar pun oke-oke saja.

TOMAT PARUT

Anda bisa menggunakan parutan keju untuk memarut tomat. Jangan buang air yang keluar dari tomat. Air tomat akan mempersedap masakan Anda.

TOMAT REBUS

Tomat rebus biasanya digunakan untuk membuat saus. Tomat pertama-tama direbus hingga mencair kemudian saring dan ditekan ampasnya. Lalu air yang dihasilkan dari tomat rebusan tadi sebaiknya diikutsertakan pada masakan dikarenakan telah memiliki aroma harum tomat sekaligus rasa asam.

Saus steak, saus galantin, dan saus daging panggang sering menggunakan teknik ini.

TOMAT CINCANG

Concase, begitu orang Barat menamainya. Tomat dicincang kecil-kecil lalu dimasukkan dalam masakan. Kadang orang merebusnya dulu lantas mengupas kulitnya, baru mencincangnya kecil-kecil. Saus spageti menggunakan teknik ini, walau tak jarang orang menggunakan teknik parut.

TOMAT YANG DIAWETKAN

Selain tomat segar, tomat yang diawetkan sering jadi pilihan, baik tomat utuh maupunsaus atau pasta. Banyak tomat diawetkanyang sudah beredar di pasaran. Yang paling popular tentu SAUS TOMAT. Penggemarnya bukan main banyaknya. Saus tomat sering dipakai untuk makan bakso, mi, nasi goreng, pencocol gorengan, atau pemberi warna dan pelezat saus hidangan tertentu.

PASTA TOMAT 

Tomat Pasta

Juga cukup sering digunakan dalam membuat masakan Italia. Seperti topping pizza atau saus spageti. Rasanya jauh lebih asam dari saus tomat karena tomatnya jauh lebih

banyak dan belum diberi aneka rempah atau bahan lain. Warnanya pun jauh lebih merah dan lebih asli. Maksudnya lebih mendekati warna tomat yang asli.

PURE TOMAT 

Tomat Pure

Saat ini juga telah banyak digunakan dan cukup dikenal masyarakat kita. Meski belum banyak dipakai, toh, tak ada salahnya Anda mengenalnya. Ini adalah tomat yang dimasak hingga jadi kental. Anda bisa menggunakannya untuk membuat saus atau sup tomat. Khusus untuk sup, tambahkan juga tomat parut yang disaring dan pasta tomat agar warnanya lebih cerah dan rasanya betul-betul tomat.

TOMAT KALENG

Kaleng Tomat

Bagi kita mungkin pengalengan tomat tidak perlu sama sekali mengingat tomat bisa tumbuh sepanjang masa. Tetapi di luar negeri yang punya 4 musim, tomat kaleng menjadi sering dicari terutama kalau sedang musim dingin. Tetapi kadang kita juga membutuhkannya saat kulkas kita tanpa tomat atau kita malas ke pasar hanya untuk membeli tomat. Jadi, tak salah kalau ingin menyimpan satu atau dua kaleng untuk persediaan darurat.

JUS TOMAT

Tomat Jus
Ini adalah air tomat. Meski namanya jus, tidak berarti bisa diminum begitu saja terutama kalau Anda terbiasa minum jus yang manis. Bubuhi sedikit gula dan air jeruk lemon dulu untuk mendapatkan minuman yañg segar. Jus tomat sering juga digunakan untuk membuat saus atau masakan tertentu. Cuma saja, masakannya harus berkuah karena jus tomat yang dijual dalam kemasan kardus ini sangat encer.

TOMAT JADI KUE

Tomat menjadi hidangan penutup sebagai es atau puding, tentu tak aneh bagi Anda. Bagaimana kalau sebagai kue? Mengapa tidak? Kue yang dibubuhi tomat cukup enak, kok. Kalau Anda takut baunya kurang pas, bisa ditambahkan parutan kulit jeruk atau bahan pengharum lain.

Untuk dijadikan kue, tomat bisa diambil sarinya saja. Misalnya, menggunakan juice ekstraktor atau diparut lalu disaring. Bisa juga diparut lalu dimasukkan seluruhnya. Tomat juga dapat dimasukkan dalam potongan-potongan kecil. Pilihannya tergantung pada kue yang bagaimana yang kita inginkan.

Di samping tomat segar, saus tomat atau pasta tomat, juga cocok jadi kue. Dan jangan bayangkan hanya kue yang asin yang cocok dibubuhi tomat. Kue yang rasanya manis juga pas, kok, menggunakan tomat. 

Tomat yang merah itu ternyata tidak selalu menimbulkan warna indah pada kue atau hidangan penutup. Kalau ingin warna merah yang sedikit mencolok, bisa saja ditambahkan pewarna merah satu atau dua tetes.

Selain dijadikan masakan, kue, dan minuman, tomat juga sering kali dibuat acar, saus tomat botolan, dan manisan tomat  kering. Apa pun yang dibuat dari tomat, hasilnya sama. Lezat dan nikmat.

 

Daftar Harga NS Catering Jogja